Sejarah Olahraga Futsal

Sejarah Olahraga Futsal

Futsal adalah satu-satunya bentuk ‘sepak bola indoor’ atau ‘five-a-side’ yang secara resmi disetujui oleh AMF, FIFUSA, FIFA dan FFA.

Futsal adalah salah satu olahraga yang paling cepat berkembang dan dimainkan di lebih dari 100 negara dan memiliki jutaan pemain di seluruh dunia.

Nama “Futsal” berasal dari penggabungan kedua kata-kata Spanyol (Futbol Sala) dan kata-kata Portugis (Futebol De Salao) berarti bila diterjemahkan (Football Indoor).

Berikut perubahan di tingkat internasional antara FIFA (Federation Internationale Football Association) dan FIFUSA (Federasi Internationale De Futbol Sala) pada tahun 1989 olahraga menjadi bersatu dengan versi luar.

Game ini hari besar seperti sekarang kita tahu dan menyebutnya, adalah Futsal.

Pada tahun 1970, pertandingan kompetitif futsal pertama dimainkan di Australia di YMCA Sporting Complex di Epping, Sydney. Saat itu diperkenalkan oleh Edwin (Eddie) Palmer, seorang imigran baru, yang baru saja tiba dari Afrika Timur.

Pada tahun 1971, Dawn Gilligan, Jack Bowder dan beberapa orang tua dari para pemain mengambil bagian dalam kompetisi perdana di Revesby YMCA. Ini dimainkan karena musim dingin sepak bola sangat basah, yang ditutup alasan luar ruangan selama berminggu-minggu. Manajer Gilligan dari YMCA dan Joe Brent menulis ke Inggris untuk mendapatkan aturan resmi dari permainan yang kemudian menyebar ke YMCA lainnya. Tahun berikutnya permainan futsal, yang pada saat itu mengalami pertumbuhan di seluruh dunia, diperkenalkan ke dalam program olahraga Revesby YMCA dan diadopsi sebagai kompetisi yang kompetitif untuk musim berikutnya agen bola. Popularitas olahraga melihatnya perlahan menyebar ke negara-negara lain.

Pada tahun 1977, Brent menjadi presiden pertama Australian Indoor Soccer Association, yang berafiliasi dengan FIFUSA dua tahun kemudian. Kejuaraan nasional pertama berlangsung di Melbourne pada tahun 1980.