Sejarah Bulutangkis

Sejarah Bulutangkis

Asal-usul permainan bulu tangkis dimainkan di India pada abad ke-18, yang pada saat itu disebut “Poona”. Pada 1860-an itu diadopsi oleh perwira Angkatan Darat Inggris yang ditempatkan di India. Para petugas membawa permainan ke Inggris, di mana ia menjadi sukses di sebuah pesta yang diadakan oleh Duke of Beaufort pada tahun 1873 di rumahnya yang disebut “Bulutangkis” di Gloucestershire.

Sejarah yang sangat panjang untuk salah satu olimpiade olahraga terbaru! Badminton mengambil namanya dari Badminton House di Gloucestershire, rumah leluhur Duke of Beaufort, tempat olahraga dimainkan pada abad terakhir.

IBF dibentuk pada tahun 1934 dengan sembilan anggota: Kanada, Denmark, Prancis, Belanda, Inggris, Selandia Baru, Irlandia, Skotlandia, dan Wales. Amerika Serikat bergabung empat tahun kemudian. Keanggotaan meningkat terus selama beberapa tahun ke depan dengan lonjakan anggota baru setelah debut Olimpiade di Barcelona.

Turnamen IBF besar pertama adalah Piala Thomas (kejuaraan dunia tim pria) pada tahun 1948. Sejak saat itu, jumlah event dunia telah meningkat menjadi tujuh, dengan penambahan Uber Cup (tim wanita), Kejuaraan Dunia, Piala Sudirman ( Tim campuran), World Juniors, World Grand Prix Finals, dan Piala Dunia.

Acara invitasi Piala Dunia dimulai pada tahun 1981 dan diselenggarakan oleh International Management Group (IMG). Seri Piala Dunia akan berakhir pada 1997, dan IBF sedang mempertimbangkan untuk menyelenggarakan pertandingan eksibisi yang menampilkan pemain top dunia untuk menggantikan Piala Dunia.

Untuk Piala Thomas dan Uber baru-baru ini di Hong Kong, penjualan hak komersial dan televisi merupakan kontrak bernilai jutaan dolar. Dan bukan hanya di Asia. Di Eropa juga, ada semakin banyak perusahaan yang mengajukan penawaran untuk hak. Perusahaan televisi di seluruh dunia sudah membeli hak eksklusif untuk Kejuaraan Dunia 1997 yang akan diselenggarakan di Glasgow, Skotlandia.

Agen Bola – Titik balik dalam pertumbuhan bulutangkis adalah kontrak tripartit 20 juta dollar pada tahun 1994 untuk mensponsori Final Grand Prix Dunia. Berdasarkan ketentuan kesepakatan antara IBF, IMG, dan STAR TV, STAR menyuntikkan uang ke dalam promosi dan pengembangan bulutangkis. Sebagai gantinya, STAR memperoleh eksklusivitas total untuk eksploitasi hak komersial dan televisi ke Final WGP. “Kesepakatan itu bagus untuk kedua partai utama,” kata David Shaw, direktur eksekutif IBF, yang dibawa ke organisasi tersebut dengan singkat untuk menumbuhkan olahraga tersebut. “Kami membutuhkan mitra yang kuat di televisi, dan penyiar telah mengidentifikasi bulutangkis sebagai kendaraan yang akan menarik penonton di Asia ke saluran olahraga utamanya.”

Baca Juga: Sejarah Bola Basket

Tahap berikutnya dalam kebangkitan dan munculnya bulu tangkis internasional telah merebut kembali Amerika Serikat. AS adalah anggota awal IBF dan awalnya salah satu yang paling sukses. Ketika Piala Uber diperkenalkan pada tahun 1956, Amerika memenangkan tiga peristiwa pertama. Tapi kemudian minatnya berkurang.

Bulutangkis adalah olahraga yang disukai dan akrab di Amerika Serikat, namun yang didominasi biasanya dimainkan sebagai permainan seru di halaman belakang atau di pantai. Kami tahu bahwa sekali orang Amerika melihat bulutangkis – bulutangkis internasional lainnya, olahraga raket tercepat di dunia mereka ingin melihat dan bermain lebih banyak. Olimpiade Atlanta mulai meningkatkan profil olahraga di A.S. Acara ini merupakan aksi jual dan menjadi salah satu olahraga “wajib-lihat”. Mantan Presiden Jimmy Carter, Chelsea Clinton, Paul Newman, dan Putri Anne termasuk di antara selebriti yang datang untuk menonton. David Broder dari Washington Post melaporkan “melihat salah satu kacamata atletik tertinggi dalam hidup saya.”

Tahun 1996 adalah tengara dalam USA bulutangkis. Bukan hanya Olimpiade Atlanta yang mulai menghasilkan ketertarikan yang luar biasa di pasar A.S. Pada bulan Desember 1995, IBF memperkenalkan sebuah turnamen konsep baru di California, Hong Ta Shan Cup, turnamen undangan pria dengan pemain terbaik dan hadiah besar. Sekarang ada rencana untuk menambahkan acara wanita dan untuk meningkatkan hadiah uang. Hong Ta Shan Group telah mensponsori Open A.S., yang meningkatkan hadiah uang menjadi 200.000 dollar Hal ini menjadikan event Grand Prix World paling berharga di seri ini dan memberinya status bintang enam, taruhan bola.

Tingkat perubahan meningkat. Debut Bulutangkis sebagai olahraga Olimpiade secara nyata telah meningkatkan minat internasional. Kesepakatan STAR TV telah meningkatkan cakupan olahraga secara dramatis. Sponsor dan perusahaan televisi tertarik pada olahraga yang memberi mereka akses ke ekonomi Asia. Dan penonton semakin tertarik dengan campuran sudut, taktik, sentuhan, reaksi, dan kebugaran yang mengasyikkan yang akan menguras juara squash.